Game Online Indonesia

11 Game Indonesia Tertua, Mana yang Pernah Kamu Mainkan?

Sekarang ini, bermunculan banyak sekali game online yang membuat para pecinta game semakin addicted untuk bermain. Sebut saja Mobile Legend, AOV, PUBG dan masih banyak lagi. Tapi apakah kamu tahu sepak terjang perjalanan game di Indonesia? Jika kamu mengklaim diri sebagai seorang gamer tentu harus mengetahui seluk beluk game dari mulai game tertua yang pernah ada di Indonesia.

Tentu kita penasaran, game apa yang pertama kali ada di Indonesia. Ulasan juga akan membuatmu bernostalgia jika pernah memainkan salah satunya. Mari simak game-game legend ini.

Legend! Inilah 11 Game Tertua yang ada Di Indonesia

1. Game Ragnarok

Bagi para pecinta game, game yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Game legend keluaran tahun 2001 ini dibuat oleh developer asal Korea Selatan dan dikeluarkan oleh PT Lyto. Walaupun keluaran lebih dari satu dekade yang lalu, game ini masih eksis di kalangan para pecinta game.

Ragnarok Online muncul 4 bulan setelah game Laghaim. Sejak kemunculannya, game Ragnarok langsung diserbu oleh penggemarnya karena memiliki area penjelajahan yang terluas pada saat itu dibanding game lain.

Selain itu, ada juga fitur chat room yang membuat game ini semakin menarik. Walaupun kini banyak sekali game-game bermunculan, akan tetapi game Ragnarok masih tetap dianggap game tersukses di Indonesia.

2. Game Nexia

Masih pada game keluaran 2001, Nexia merupakan game online jenis RPG yang dikeluarkan oleh Nexus Korea. Muncul pertama pada bulan Maret 2001, game ini langsung diinstal oleh jutaan para penggemar game di indonesia.

Hal ini karena Nexia memiliki grafik berbasis 2D sehingga tidak terlalu berat di komputer. Spesifikasinya yang ringan tersebut membuat Nexia bisa dimainkan di komputer Pentium 2 sekalipun.

Game ini memiliki 4 karakter utama yaitu Warrior, Mage, Poet, dan Roque. Karakter imut kecil ini menjelajah dunia yang luas dan berlevel. Butuh banyak waktu agar karaktermu bisa mencapai level mahaguru. Tapi sayang sekali, bagi para gamers kini tidak bisa memainkan game nexia ini karena sudah ditutup pada tahun 2004 akibat lisensinya tidak diperpanjang.

3. Game Redmoon

Muncul satu tahun setelah Ragnarok dan Nexia, game Redmoon hadir pada tahun 2002. Game ini memiliki setting masa depan dengan grafik 2.5D full color. Bagi gamers yang suka tantangan, pasti akan menyukai game ini karena memang tingkat kesulitannya cukup tinggi bahkan levelnya sampai 1000.

Cerita redmoon sendiri, diambil dari sebuah komik dengan judul yang sama. Ketika karaktermu mati, maka seluruh gold yang telah kamu kumpulkan bisa jatuh secara random. Hal itu menjadi menjadi kesulitan tersendiri apalagi barang-barang yang langka cukup sulit ditemukan.

Baca Juga : 6 Game Petualangan Terbaik Untuk Smartphone Dengan Grafis Terkeren

4. Game Laghaim

Bergerak ke tahun 2003, game Laghaim muncul dengan mengusung game console. Game RPG yang satu ini sudah bergrafik 3D sehingga bagi siapa saja yang ingin memainkannya harus memiliki komputer yang spesifikasinya tinggi. Sayang sekali game ini tidak begitu sukses karena koneksi internet di Indonesia pada saat itu masih buruk.

5. Game Gunbound

Game Gunbound rilis pada tahun 2004 sekaligus menjadi game bergenre action pertama di Indonesia. Tidak seperti game RPG lainnya yang harus dimainkan di depan komputer, kamu bisa memainkan game Gunbound ini berkelompok dimana karakter utamanya mengendarai sebuah kendaraan dan bisa menembak amunisi kepada lawannya.

Selain itu, kamu juga bisa membeli avatar-avatar untuk mempercantik karaktermu. Pada saat pertama kali rilis,para pecinta game begitu antusias untuk memainkannya. Bagi kamu yang ingin memainkan game ini sekarang, selamat karena Gunbound masih tersedia di Indonesia.

6. Game Risk Your Life atau RYL’

Setelah Gubbound rilis, game ini kemudian muncul dengan membawa gaya gothic. Tema dari game ini sendiri adalah dua bangsa yang bermusuhan yakni bangsa manusia dan bangsa Akhan. Game ini hanya bisa dimainkan di komputer yang memiliki spek tinggi saja.

Game keluaran dari Dream Web Technology ini, pemain dapat menyerang dan menguasai grup lain, monster maupun pemain lain. Game Risk Your Life sampai saat ini masih bertahan yang sudah diupgrade sampai versi 2.

7. Game Xian

Rilis pada 1 Januari 2005, game Xian mengusung tema berdagang yang dilakukan dari satu kota ke kota lain. Dengan hasil dari berdagang tersebut, kamu bisa membeli tentara, jenderal, prajurit bahkan monster untuk membantumu dalam melawan musuh.

Memakai sistem RPG strategi, game ini memiliki grafik 2,5D dengan latar belakang asia timur pada tahun 1500-an. Pada saat itu ketegangan politik sempat menguasai dan memunculkan perang saudara di Jepang. Keadaan ekonomi dan sosial juga sedang sulit sehingga pedagang dari Korea, Jepang, dan China berkelana melewati gunung, lembah dan sungai untuk mencari kekayaan.

Nuansa itulah yang diusung oleh game Xian, yaitu petualangan berdagang untuk mendapatkan kemakmuran. Sampai sekarang, game ini masih bertahan memakai item mall yang bisa didapatkan gratis.

8. Game Survival Project

Agaknya tahun 2004 banyak sekali game-game baru bemunculan salah satunya game Survival Project ini. Akan tetapi, sayangnya game ini tidak berumur panjang di Indonesia. Pasalnya Survival Project hanya bisa bertahan 2 tahun saja. Walaupun begitu, sebenarnya game ini cukup unik karena player bisa bermain bola dengan mengumpulkan legendary orb.

Baca Juga : 10 Game Android Terbaik Buatan Indonesia Yang Mendunia

9. Game Tantra

Game inilah yang menjadi saingan dari Survival Project. Game online bertema RPG 3D tersebut mengambil setting legenda-legenda di India. Yang membuat menarik adalah game ini memiliki grafik yang indah dan detail sehingga membuat pemain betah untuk memainkannya. Peta dan bangunan yang ada juga sangat kental sekali dengan khas india kuno.

Selain itu, Tantra juga memiliki sejumlah area bawah tanah atau Dungeon yang dipersiapkan khusus untuk melakukan pertempuran dan pertandingan antar 8 karakter yang berbeda. Walaupun kini penggemarnya sudah banyak berkurang, tapi game Tantra masih bisa bertahan dan bisa dimainkan secara gratis.

10. Game StarGate atau SGO

Game ini termasuk game yang saat ini masih cukup populer dikalangan para gamers khususnya yang berumur remaja. Game keluaran Borneo-X ini memiliki karakter yang imut-imut dan termasuk game RPG 2D. Keunikan dari SGO ini, karakter yang dimainkan bisa mengendarai sebuah robot dan salah satu karakternya juga merupakan robot.

Walaupun populer, game ini juga sempat ditinggalkan oleh pemainnya karena memakai sistem play to play tapi kemudian menjadi gratis dengan sistem item mall. Dengan segala kekurangan yang ada, game ini kemudian ditutup pada tahun 2006.

11. Game Get Amped

Muncul pada awal tahun 2005, Get Amped merupakan game yang mengusung genre action-fighting 2,5D. Game keluaran Lyto ini telah sukses mengikuti jejak game Lyto pertamanya yaitu Ragnarok. Hal yang unik dari game ini, kamu sebagai pemainnya bisa membuat karakter sendiri dengan cara mendownload skin dan karakter-karakternya.

Dulunya, game ini dimainkan oleh mayoritas laki-laki umur 17 tahun ke bawah. Dengan sistem Free to play dan item mall, kamu bisa memainkannya di gamepad khusus komputer. Hingga saat ini game Get Amped masih bertahan di Indonesia dan masih memiliki penggemar.