Game Online Indonesia

Masih Ingat Dengan 8 Game Online Indonesia Ini? Ternyata Udah Tutup Lho

Putragamer.com – Berbicara tentang game memang tidak ada habisnya. Game sangat efektif dan membantu dalam menyembuhkan stress yang dihadapi. Banyak sekali jenis game sesuai dengan genre yang bisa dimainkan. Salah satu game yang sangat membantu menyembuhkan stress adalah game online.

Kenapa? Karena disini bisa bermain atau bersaing dengan teman-teman, dengan begitu stress dan suntuk akan semakin berkurang. Banyaknya kebutuhan game membuat banyak orang berusaha menciptakan game yang asik dan menarik.

Namun tidak semua berjalan lancar, ada game yang viral dan sangat populer namun tidak sedikit juga yang tutup. Banyak hal yang bisa menyebabkan game online tutup. Bukan hanya game yang sepi peminat, game yang pernah populer pun ada yang sekarang sudah tutup. Tentunya kita semua kangen bermain game-game tersebut.

Penyebab Game Online Tutup

Sedikit Peminat

Penyebab Game Online Indonesia tutup adalah kurangnya peminat dengan game tersebut. Sedikitnya peminat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas game yang kurang bagus, promosi yang kurang gahar dan kurang pelayanan didalam game.

Semua orang pasti ingin bermain game tanpa hambatan, lancar dan asik. Jika pihak penerbit tidak bisa memberikan pelayanan yang baik seperti memperbaiki kerusakan atau update hal baru, membuat pemain pergi.

Teknis

Tidak semua game online Indonesia tutup karena peminat yang sedikit, beberapa game tutup karena masalah teknis dari pengembang. Beberapa game tutup karena tidak bisa memperbaiki bug atau masalah teknik lainnya.

Bukan hanya itu saja beberapa game tutup karena pihak pengembang juga bermasalah mengenai hak cipta dengan perusahaan lain. Kalah dipersidangan membuat pihak pengembang mau tidak mau harus menutup game.

Problem Internal

Problem Internal menjadi faktor fatal penutupan game online Indonesia. Kenapa? Karena penutupan langsung dilakukan oleh pihak penerbit. Hal yang sering terjadi karena pemasukan yang kurang.

Biaya operasional besar karena pemain banyak dan update terus, sedangkan pemasukan sangat sedikit. Penerbit biasanya akan memutus kontrak dengan pihak pengembang saat terjadi problem seperti ini, dengan pepatah besar pasak daripada tiang.

Penutupan Global

Problem yang satu ini biasanya dimulai dari pihak pengembang atau bisa terjadi karena game tidak laku di pasaran. Alasan yang sering terjadinya penutupan global adalah pihak pengembang sudah tidak bisa menangani game online tersebut. Sehingga mau tidak mau harus melakukan penutupan global.

Di Indonesia beberapa waktu lalu terdapat game online yang ditutup karena masalah ini.

Muncul Versi Baru

Penyebab sering terjadinya penutupan game online Indonesia adalah muncul versi terbaru. Pembaruan di dalam game sangat penting, setiap pihak pengembang biasanya rutin melakukan pembaruan game.

Bukan hanya update, namun sering kali harus menutup game yang terdahulu untuk memunculkan versi terbaru. Game online biasanya akan tutup sementara waktu hingga pihak pengembang memunculkan versi terbaru game tersebut.

Game Online Indonesia Yang Tutup

1. Final Odyssey

Rilis Februari 2017 membuat game Final Odyssey tidak berumur panjang yakni hanya 6 bulan. Peminat terhadap game ini sangat banyak dan menyesal dengan keputusan pihak pengembang menutup game online bergenre action MMORPG ini.

Pihak pengembang yakni Qeon meminta maaf kepada para penggemar dan pemain game Final Odyssey, selain itu pihak pengembang juga berterimakasih karena partisipasinya.

2. Clash of Gods

Pengembang Qeon Interactive bukan hanya menutup game Final Odyssey saja, game Clash of Gods yang sudah berusia 3 tahun saja ditutup. Kualitas game action MMORPG ini sangat bagus karena memperhatikan dengan sangat detail.

3 tahun berkiprah di game online Indonesia bukan tanpa sebab, game ini memiliki banyak fitur dan teknologi yang canggih. Alasan penutupan game ini karena kontrak dengan developer Clash of Gods berakhir.

Baca Juga : 8 Game Online Indonesia Terbaik dan Menantang!

3. Point Blank Mobile

Game yang sering disingkat PB ini memiliki popularitas yang tinggi pada masanya, tidak menyangka jika game ini akan ditutup. Game ini ditutup tanggal 6 April 2017 karena tidak bisa memenuhi standar dari publisher dan pengguna.

Karena masalah ini Zepetto sebagai pemilik game Point Blank Mobile memutuskan menutup game satu ini. Game PB mobile sama dengan PB pc, para pengguna sangat menyayangkan penutupan ini.

Baca Juga : 18 Daftar Game Online Terbaik yang Viral di Indonesia

4. Seal Online Indonesia

Sealovers sangat sedih game yang sudah 11 tahun berkiprah di dunia game harus ditutup. Tepatnya pada tanggal 22 Juni 2017 game Seal Online Indonesia ditutup oleh Lytogame.

Sealovers sangat kehilangan dengan tutupnya game ini, sebelum tutup pihak game memberikan kenang-kenangan kepada para pemain. Kenang-kenangan tersebut adalah even rate dan melakukan foto bersama dengan karakter dari Seal Online Indonesia.

5. Line Seal Mobile

LINE dan Fungiloo pada akhir November 2017 kemarin menutup game online mobile yang sudah berusia 6 bulan yakni Line Seal Mobile. Game MMOPRG ini mulanya hanya tersedia di PC saja, namun pengembang mengobati kerinduan gamer dengan membuat versi mobile.

Sebelumnya Line Seal Mobile ini bernama Project S. Pengguna line sangat menunggu game ini rilis, namun setelah 6 bulan game ini ditutup.

6. SD Gundam Online

Game milik Megaxus ini ternyata sudah tutup sejak maret 2015. Di game ini pemain menjadi seorang pilot Mobile Suit dan berganti menjadi grade SD. Mode game ini adalah PvP.

Lebih asik lagi jika Anda bermain game online ini dengan teman-teman Anda. SD Gundam Online ini merupakan satu-satunya game Gundam di Indonesia yang dimainkan secara gratis.

Baca Juga : 9 Game Online Indonesia Paling Laris di Download Terbaik dan Terpopuler

7. S4 League

Disajikan dengan banyak gaya membuat game online shooting ini memiliki banyak pemain. Disini bukan hanya berpikir untuk bertarung saja, pemain juga harus bergaya sebelum turun ke arena pertandingan.

Anda bisa membentuk karakter sesuai dengan yang diinginkan karena game ini adalah third-person view. Bukan hanya memiliki senjata jarak jauh, pemain juga bisa menggunakan senjata jarak dekat yang tidak kalah keren.

8. Grand Chase

Anda pasti tidak asing dengan game Grand Chase yang satu ini. Game side-scrolling online ini sangat fenomenal pada masanya. Para pemain sangat dimanja dengan berbagai fitur didalamnya dimulai dari desain, karakter hingga cerita didalamnya.

Kepopulerannya ini membuat banyak pemain meng-cosplaykan karakter-karakter yang ada di dalam game tersebut. Sangat disayangkan game online Indonesia ini tutup bulan April Tahun 2014.

Kehadiran game memang sangat bermanfaat untuk semua orang dan semua kalangan. Dengan bermain game bisa mengobati stress dan suntuk karena kegiatan sehari-hari.

Bermain game secara online secara tidak langsung menaikkan hormon senang dan meningkatkan mood para pemainnya. Banyak sekali jenis game online yang bisa dimainkan dari beberapa genre dan tema, terlebih lagi sekarang Indonesia sudah mampu bersaing di pasar Internasional.

Namun tidak semua game bisa bertahan lama, terdapat beberapa game yang tutup dari baru berapa bulan hingga sudah bertahun-tahun. Semua game tutup pasti karena ada masalah masing-masing yang sudah tidak bisa diatasi.

Sebagai penggemar game pasti sangat disayangkan ditutupnya game-game diatas, apalagi jika ada game kesukaan pasti tidak bisa kangen-kangenan lagi dengan game Favorite Anda.